Pages - Menu

Senin, 06 Agustus 2012

Penerbit buku : Resist Book Yogyakarta

RESIST BOOK

Nama : Resist Book   
Berdiri : Juni 2004
Alamat : Jl. Ring Road Utara no 4. Gedung Amal Insani Lt.3. Meguwoharjo. Depok. Sleman
Yogyakarta, Indonesia           
Telpon : (0274) 7422761        
Email : orangmiskin@gmail.com resistbook@gmail.com
 
Resist Book adalah lambang perlawanan sebuah perlawanan yang pantang surut. Dimotori kaum muda, penerbitan ini merancang pengembangan wacana kritis dan gagasan perlawanan progresif. Resist Book mengajak anda berdiri tegak melawan tatanan global. Buku-buku Resist akan mengobarkan nyali anda, menyulut pertanyaan atas dogma dan kelaziman yang selama ini anda yakini.

Salah satu rantai terapuh dari perjalanan gerakan sosial selama hampir lebih dari satu dekade ini adalah lemahnya pembangunan dan produksi pengetahuan. Tanpa diiringi oleh suatu fondasi pengetahuan yang kukuh, sebuah gerakan pada dasarnya hanya meraba-raba jalan perubahan. Crossing the rivers by felling for the stones!!. Disinilah letak penting pembangunan teori dan produksi pengetahuan, yaitu agar gerakan sosial mampu untuk terus memperbaharui analisa sosialnya; mampu membongkar struktur dan relasi kuasa yang kian jamak dan tak-terperi; dapat menimba pengetahuan dan pengalaman dari gerakan-gerakan sosial di negeri-negeri lain; serta dapat memastikan rute-rute dan pilihan-pilihan perubahan sosial; agar gerakan bisa berkomunikasi satu sama lainnya melalui pembangunan jejaring pengetahuan

Kelemahan dalam hal pembangunan dan produksi pengetahuan ini tak bisa dianggap enteng. Kegagalan memproduksi pengetahuan berarti adalah kegagalan dalam membangun sebuah diskursus yang kuat dan kokoh. Ini dapat berujung pada kegagalan untuk membangun formasi hegemonik dan merajut rantai kesetaraan (chain of equivalence) yang merupakan dasar-dasar penting bagi kokohnya gerakan sosial. Salah satu jalan untuk merajut kembali kekuatan gerakan sosial adalah dengan mengukuhkan diskursus: memproduksi pengetahuan dan mendiseminasikan seta merekatkannya dengan bidang-bidang lain hingga menjadi sebuah kekuatan yang hegemonik.

Dalam upaya ini, maka Resist Book hendak mendorong sebuah kerjasama dari berbagai bidang keilmuan yang beragam untuk mendorong terciptaya tradisi intelektual, riset ilmiah, serta pembangunan teori-teori sosial dan humaniora yang berorientasi pada praksis gerakan. Kerjasama ini juga dikhidmatkan untuk merekatkan wacana dan praksis dari berbagai posisi gerakan sosial yang beragam, multi sektoral dan wilayah, hingga dapat menjadi suatu formasi hegemonik yang kuat, yang mampu mendorong perubahan sosial yang sejati di Indonesia.

Adapun tujuan dari kerjasama ini adalah:
  1. Mendorong upaya-upaya untuk memajukan gerakan sosial melalui produksi pengetahuan dan diseminasinya.
  2. Memperkaya dan membantu praksis gerakan-gerakan sosial dengan wacana, analisa, dan debat-debat teoretik maupun artikulasi praksis terbaru.
  3. Membangun jaringan antar gerakan sosial melalui pertukaran pengetahuan (knowledge exchange) dan perekatan isu-isu dan wacana-wacana yang tampak terserak dan berdiri sendiri-sendiri hingga menjadi suatu formasi hegemonik.
Bentuk kegiatan Dan Usaha
1. Penerbitan
Kerjasama penerbitan ini dilakukan melalui beberapa mekanisme: pertama, melalui diskusi dari kedua belah pihak untuk menentukan tema-tema yang sesuai dengan kepetingan masing-masing lembaga; kedua, hasil riset dan penelitian, baik dari lembaga maupun anggota lembaga tersebut, yang diajak bekerja sama oleh Resist. Ini dapat berupa hasil penelitian lapangan, kegiatan advokasi dan atau tesis atau disertasi dari para aktivis lembaga tersebut.

Seri Gerakan Sosial 
Seri ini merupakan himpunan karya yang didedikasikan bagi gerakan-gerakan sosial. Seri ini hendak menyingkap selubung persoalan yang bersangkut-paut dengan globalisasi dan kebijakan neoliberalisme. Karya-karya dalam seri ini akan memadukan pendekatan teoretis berdampingan dengan temuan-temuan kontemporer.

Seri Melawan Globalisasi
Seri ini menggiatkan pelbagai kritik, analisis, dan studi akademis atas globalisasi berserta akibat buruknya. Dalam seri ini juga didorong munculnya paradigma tandingan terhadap globalisasi sebagai diskursus. Seri ini mengembangkan pengertian bagaimana globalisasi harus dihadapi.

Seri Dilarang Miskin
Seri ini mengisahkan kaum miskin yang makin kehilangan hak-haknya. Hak-hak mereka dirampas pembangunan yang tunduk pada pasar. Kian hari jumlah orang miskin bertambah, sedang kekuasaan makin menjauh dari mereka.

Seri Revolusi
Seri ini menghimpun gagasan, konsep, bahkan celetuk-an bagaimana revolusi menjadi pilihan yang mungkin bagi perubahan sosial. Revolusi bukanlah wacana yang stagnan apalagi final, ia memerlukan pengayaan ide, penafsiran ulang, dan eksplorasi kritik.

Seri Anti Militerisme
Seri ini didedikasikan untuk mereka yang hingga hari ini menjadi korban militerisme. Militerisme mengabaikan nilai-nilai keadilan dan kemanusian, karena menempatkan pendekatan keamanan sebagai kebijakan utama dalam menyelesaikan semua masalah. Seri ini berisi rekaman suara-suara korban, analisis akademisi, maupun pengamatan lapangan para aktivis yang teguh dalam barisan anti militerisme.

Seri Penggagas Muda
Seri ini dipersembahkan untuk kaum muda yang bersemangat atas pikiran kritis dan berpengalaman di praksis gerakan. Sebuah dukungan bagi tumbuhnya etos intelektual pada kelompok-kelompok kaum muda yang berani berpikir beda dan gandrung akan pikiran-pikiran alternatif.

Seri Pendidikan Kritis
Seri ini merupakan ruang yang dibuka sebagai bentuk perhatian atas carut-marutnya dunia pendidikan. Dalam seri ini, dielaborasi pelbagai kajian kritis atas roda pendidikan di negeri ini yang jalannya tak pernah benar. Karya-karya di sini ingin mengajak pembaca agar tak bosan-bosannya untuk peka dan peduli pada masalah-masalah pendidikan.

Seri Ideologi
Seri ini membuka ruang pemahaman yang lebih kritis atas ideologi-ideologi dunia, baik karena kelaliman kuasa yang diciptakannya maupun kekuatan perubahan yang didemonstrasikannya. Dalam seri ini, pikiran tokoh-tokoh besar, suara kelompok dominan, dan seruan dogmatis yang mewakili `reputasi sejarah` ideologi-ideologi itu, akan dipahami ulang, dianalisis, sekaligus dibongkar dengan seksama.

Seri Komik
Seri komik mengungkapkan isu-isu pelik sekaligus mendalam yang beredar di sekitar kita, dengan cara yang sederhana. Masalah-masalah ruwet seputar kemiskinan, pendidikan, penindasan, dan militerisme akan disampaikan dalam permainan kata-kata dan gambar. Begitu juga pikiran dan sejarah tokoh-tokoh besar diperkenalkan dengan cara yang mudah dipahami, tanpa kehilangan inti gagasan dan semangat yang dibawanya.

Seri Anti Gaya Hidup
Seri ini bertujuan untuk menerbitkan kecurigaan dan kesangsian atas gaya hidup. Dengan ketundukan pada ekonomi pasar tampaknya di sekeliling kita kini mulai berkembang budaya keji: memeras pendapatan hingga Anda tak mencurigainya. Di balik itu nulai meroket kekayaan para pebisnis gaya hidup dalam jumlah yang menakjubkan. Anda adalah konsumen sekaligus budak yang mau berhamba dan merelakan diri untuk jadi tertindas! Waktunya Anda tahu bagaimana siklus pemerasan dan penindasan ini berjalan.

Seri Kajian Agraria
Seri ini berfokus pada kajian dan studi agraria, baik yang berkenaan dengan aspek teoritis, metodologi kajian agraria, dan utamanya masalah-masalah agraria dan kritik pembangunan pedesaan dalam relasinya dengan modus produksi kapitalis. Seri ini juga memiliki misi untuk memajukan wacana dan praktik reforma agraria serta menampilkan artikulasi dan panorama gerakan-gerakan sosial pedesaan di berbagai belahan dunia.

2. Distribusi
Selain menerbitkan buku, Resist juga telah lama berkecimpung dalam dunia distribusi buku dan telah memiliki jaringan toko-toko buku besar maupun toko-toko komunitas gerakan sosial yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Sebagai salah satu paket kerjasama, selain dalam menerbitkan buku, Resist juga dapat membantu untuk mendistribusikan buku-buku hasil kerjasama tersebut ke seluruh jaringan dan toko-toko yang telah bekerjasama dengan Resist selama ini. Sehingga, kerjasama ini selain merupakan bentuk upaya ideologis untuk mendorong gerakan sosial juga dapat memberi keuntungan ekonomis bagi kedua belah pihak.

3. Diseminasi Wacana
Salah satu keuntungan lain dalam kerjasama ini adalah bahwa Resist juga turut bertanggung jawab dalam menyebarkan gagasan yang diusung dalam wacana atau buku yang diterbitkan bersama tersebut. Hal ini dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang diorganisir di bawah Resist Forum, yang meliputi bedah buku, diskusi bulanan, sekolah-sekolah, dan pelatihan. Dalam kegiatan ini biasanya Resist Forum juga menggandeng kerjasama dengan berbagai gerakan sosial lintas sektor dan wilayah. Sedangkan untuk mendukung persebaran gagasan dan memperluas jangkauan pembaca, maka kami menggunakan Resist Info, sebuah media gratis yang dicetak ribuan eksemplar dan menjangkau pembaca dari berbagai segmen.

Koleksi buku-buku Resist Book bisa di dapatkan Di Sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar